Tentang Kolaborasi (bagian satu)

Mungkin karena hastag #bersatukitacollab yang suka muncul di timeline kita, jadinya banyak temen-temen yang kalo ketemu atau DM-DM-an sama kita, suka bilang “Kita collab yuk!” atau “Kalo pengen collab sama Imah Babaturan, caranya gimana ya?”.

Biasanya sih kita sambut dengan baik idenya dengan menjawab, “Hayu! Ada ide ga collabnya kaya gimana?”. Lalu biasanya dijawab dengan, “Belum ada ide sih”, atau “Belum kepikiran sih collabnya kaya gimana” hehehe..

Sebenernya dari situ juga udah ketauan sih, kira-kira mana yang emang serius pengen collab, sama.. yang emang cuma sebatas pengen, tapi ga punya ide kaya gimana. Ternyata urusan kolaborasi juga mirip kaya jodoh loh. Yang serius maju terus pantang mundur, tapi yang ga serius mah tau-tau ilang dan mundur teratur.

Makanya jadi pengen cerita beberapa kolaborasi yang udah kita lakuin sama temen-temen yang juga sama-sama punya bisnis kuliner. Sebenernya udah ada sih di IG, tapi ya ga ada salahnya juga kita bahas semuanya disini. Kali aja jadi punya gambaran atau mungkin ide lain. Sebelum cerita, barusan iseng browsing, apa sih artinya kolaborasi di KBBI. Ternyata ini dia definisinya..

kolaborasi/ko·la·bo·ra·si/ n (perbuatan) kerja sama (dengan musuh dan sebagainya);

Cociks! Mari kita mulai ceritanya…

September 2020 kemarin, kita bikin kolaborasi sama Warong Sombar yang punya berbagai hidangan khas Manado yang membangkitkan selera. Kaya gimana kolaborasinya? Kita sepakat buat sama-sama ngolah menu andalan masing-masing. Jadi, fansnya Warung Sombar bisa nyobain sapi asap warung yang diolah jadi menu ‘Sapi asap rica’ & ‘Sapi asap dabu’. Menurut kami, itu perpaduan yang sangat pas sih. Kalian mesti cobain, karena menu ini masih terus ada di Warong Sombar sampai sekarang! Bisa diorder via gofood dan grabfood di Warong Sombar ya. Lalu untuk di warung, kita coba ngolah Cakalang yang jadi andalannya Warong Sombar kemudian disulap jadi menu ‘Nasi oseng Cakalang’ ala Imah Babaturan dan dijadiin menu mingguan. Kaya gini nih tampilannya..*glek lalu kabita sendiri 🙂

Nasi Oseng Cakalang
Sapi Asap Dabu & Sapi Asap Rica

November 2020, kita bikin kolaborasi sama salah satu vendor kesayangan kami dari dulu: Spatola Cake yang jagoan bikin semua jenis kue. Nah di kolaborasi ini, Spatola bikinin roti hotdog yang empuk dan lembut trus kita panggang manual. Sementara untuk isinya, kita pakein oseng sapi asap dan kita namain menu ini sebagai: R.O.S.A alias Roti Oseng Sapi Asap 🙂 Menu ini langsung meroket dan direpeat terus sebagai menu mingguan. Ada yang udah nyobain???

ROSA alias Roti Oseng Sapi Asap

Masih di bulan yang sama, kita kemudian bikin kolaborasi sama Rendang Pokih yang waktu itu bikinin menu SATE PADANG POKIH. Ini adalah sate rumahan yang dimasak sama temen kami, Rendang Pokih yang emang bisa kalian pesen di Imah Babaturan. Sebenernya menu ini cuma keluar pas Lebaran aja. Tapi dengan sedikit paksaan, akhirnya dia menyerah dan saking istimewanya, kita jadiin menu mingguan. Cepet banget abisnya. Sold out lagi, sold out lagi. Sampai yang masakin pun lelah hahaha..Liat aja fotonya. Bumbunya tuh huaaaaa enak banget pokoknya plus dagingnya pun empuk banget 🙂

Sate Rendang Pokih

Lanjut yuk! Di bulan Januari 2021, kita collab sama Kopi Kiwari yang bikin peanut butter rumahan yang enak banget. Karena kita udah punya menu roti, jadi kalo temen-temen pesen kopi apapun, kita bikinin roti panggang peanut butter gratis alias ga usah bayar 🙂 Biar pada ngerasain enaknya peanut butter yang dibuat sama Kopi Kiwari.

Roti pake peanut butter Kiwari

Februari 2021. Kalo yang satu ini adalah kolaborasi kami dengan Kedai Gelojoh yang punya spesialis Nasgor dan berbagai olahan kambing yang unik. Walaupun lokasinya ada di Jakarta, tapi ga menghalangi kita buat berkreasi bareng. Untuk kolaborasi ini nasinya yang bukan sembarang nasi, tapi pake beras basmati diimport langsung dari Kedai Gelojoh. Trus kita mix sama sapi asap pedas dan iga kambing olahan kita dan menghasilkan dua menu mingguan: Nasi Pedas Sapi Asap dan Nasi Magribi X Iga Kambing. Buat yang suka kambing dan suka pedes, dua menu ini harusnya udah kalian sikat sih 🙂

Nasi Magribi X Iga Kambing
Nasi Pedas Sapi Asap

Kurang lebih gitu deh cerita soal beberapa kolaborasi seputar combain menu yang udah pernah kita lakuin selama ini.

Semoga bisa mencerahkan dan dapet ide baru ya! Jadi kalo ada yang mau ngajakin kita kolaborasi, pasti dengan senang hati kita akan diskusi bareng. Lebih senang lagi kalo yang ngajak kolaborasinya udah punya gambaran kaya gimana, jangan pasrah dan jawab terserah. Karena yang tau produk kalian kan kalian sendiri. Kalo cocok hayu jalan, kalo ga cocok, ya mungkin emang belum jodoh aja 🙂

Masih banyak juga sih cerita kolaborasi lainnya. Tunggu bagian selanjutnya ya!

Diterbitkan oleh imahbabaturan

warung kopi kampung di kota. Jalan Kebon Bibit no 3 Bandung. #savekerupukgratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: